Senin, 31 Desember 2007

Tips Manfaatin Waktu


Oleh :
Ikah Atikah (Senior FKIS. MI)

Temen-temen…! Pasti inget donk’s surat yang isinya tentang waktu….! Yup… bener banget AL-‘Ashr. Cuma yang jadi masalah seberapa besar kamu-kamu bisa manfaatin waktu dengan sebaik mungkin, terutama waktu luang.

Ada beberapa tips yang bisa bantuin kamu-kamu untuk memanajemen waktu dengan sebaik mungkin, perhatiin neh:

 Bikin jadwal dalam seminggu, tulis aktifitasmu dari awal bangun sampe nutup mata ( tidur bro! Bukan dapet jemputan Malaikat Izroil).

 Perhatiin jadwal dan itung kira-kira berapa jam kamu-kamu punya waktu luang dalam sehari.

 Buat time schedule, tulis rencana/target yang ingin kamu-kamu lakuin dalam seminggu atau satu bulan ke depan, misalnya neh baca buku, bikin study club ama temen-temen kelas atau ngapalin Al-Qur’an.

 Rencanakan program yang udah dibuat ke dalam waktu yang kamu-kamu punya tiap harinya, misalnya neh hari Senin ada waktu luang selama 2 jam, nah… kamu-kamu gunain itu waktu untuk baca buku yang udah diplanning sebelumnya kayak baca buku IPTEK (biar nggak katro, geto!) atau baca buku pelajaran (biar pinter).

 Realisasiin donk’s!!! Jangan disave di otak doank’s.

 Setelah jadwal kegiatan berjalan, kamu-kamu evaluasi (mau seminggu atau sebulan sekali, terserah) program apa aja yang udah dilaksanain, catet di agendamu kemudian rencanain lagi kesuksesan apalagi yang belum kamu-kamu gapai dengan tips tadi, otreee!.

 Inget! Jangan sia-siain waktu sedetikpun, manfaatin waktu ente sebaik mungkin, sebab waktu nggak bisa balik lagi (kayak tukang becak yang udah lewat jauh bisa dipanggil lagi), tapi satu yang penting; kita udah bener-bener usaha, berhasil nggaknya Allah SWT. yang nentuin.

 Good luck, Cung!!!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

hmmmmmmm.... bagus banget! gw baru nemuin blog (yang kata Java Mania bilang)"apik tenan". udah cantik potonya (gimana aslinya?) hebat pula tulisannya, emang ini bidadari dari surga mana seh?